Monday, March 14, 2011

Sejarah Gempa Bumi Mematikan di Dunia


JAKARTA - Gempa bumi berkerkuatan 8, 9 skala ritcher (SR) mengguncang kawasan timur laut Jepang pada Jumat 11 Maret lalu. Tragedi itu seakan membuka luka lama, tentang sederet gempa bumi di dunia.

Guradian mencatat, 10 gempa berkekuatan besar yang pernah mengguncang bumi sejak tahun 1700-an. Mari kita tilik satu per satu.

1. 26 Januari 1700, Pantai Utara Pasifik yang berkekuatan 9 SR

Satu-satunya catatan gempa terbesar di Amerika Utara dating dari sejarah mulut ke mulut warga pribumi Amerika didekat pulau Vancouver yang menceritakan tersapunya sebuah komunitas besar di teluk Pachena oleh gelombang besar. Di sepanjang PAsifik, gempa itu tercatat paling akurat oleh pengamat Jepang yang menyatakan tsunami besar menerjang Negara itu pada 27 Jauniari 1700.

2. 1 November 1755, Lisbon Portugal, yang berkekuatan 8, 7 SR

Gempa yang diikuti tsunami dan kebakaran itu nyaris menghancurkan seluruh Lisbon dan menewaskan hampis seperempat warga kota itu. Gempa ini juga dirasakan hingga kawasan uatara Afrika, Prancis, dan Utara Italia.

3. 13 Agustus 1868, Arica, Peru (sekarang bagian Cile), yang berkekuatan 9 SR

Hawaii merasakan tsunami akibat gempa lembah pasifik, tapi kerusakannya tidak sebesar di Arequipa di Amerika Selatan. Kota itu hancur dan 25 ribu orang tewas. Gempa dirasakan hingga ke La Paz, di Bolivia. Tsunami setinggi 16 meter menerjang pantai dan menghempaskan sebuah kapal milik AS hingga dua mil ke daratan dan mendaratkannya disebuah tepi tebing setinggi 60 meter.

4. 15 Agustus 1950, Assam, Tibet yang berkekuatan 8, 6 SR

Sekitar 70 desa hilang dalam serangkaian bencana yang dupicu gempa buli epsentrum di Rima, Tibet. Tapi kehancuran paling besar terjadi di negara bagian Assam, India. Di seluruh penjuru kawasan itu, tanah longsor menwaskan 1.526 orang dan menyebabkan sebagian kawasan itu tidak bisa dikenali dari udara.

5. 13 Januari 1906, Pantai Ekuador, yang berkekuatan 8, 8 SR

Gempa dilepas pantai Ekuador itu menyulut tsunami yang menwaskan antara 500-1500 orang sepanjang pantai dari Amerika Tenagh hingga San FRansisco, AS. Di Hawaii, sungai tiba-tiba mengering sekitar 12 jam setelah gempa pertama kemudian airnya naik lagi setelah gelombang besar membanjiri pantai.

6. 4 November 1952, Kamchatka, Rusia, yang berkekuatan 9 SR

Semenanjung vulkanik Rusia berada di dekat episentrum gempa. Tapi, Kepualan Hawaii-lah yang merasakan tsunami yang menyebabkan kerugian jutaan dolar. Tidak ada korban jiwa yang tercatat, meskipun seorang petani Oahu mengaku kehilangan enam ekor sapinya.

7. 22 Mei 1960, Cile, yang berkekuatan 9, 5 SR

Gempa terkuat yang pernah menggunacang bumi ini menyebabkan 4.485 orang tewas dan luka-luka setelah mengguncang kawasan selatan Cile pada 1960.
Tsunami yang mengikuti gempa ini kemudian menewaskan 170 orang setelah gelombang setinggi lima meter menerjang pantai Jepang dan Filipina.
Sehari kemudian gunung berapi Volca Puyehue memuntahkan 6 ribu debu vulkanik ke angkasa dalam erupsi yang berlangsung selama beberapa pekan.

8. 28 Maret 1964, Prince William Sound, Alaska, Amerika Serikat, yang berkekuatan 9, 2 SR

Teluk Alaska hancur setelah gempa di Prince William Sound menyebabkan tanah longsor di Anchorage dan menimbun sebagian pulau itu hingga setinggi 11 meter. Tsunami yang mengikutinya mencapai ketinggian 67 meter dan menyapu kawasan Valdez serta menyebakan 128 orang tewas.

9. 26 Desember 2004, Pantai Barat Sumatera Utara, yang berkekuatan 9,1 SR.

Tsunami termaut di dunia ini dirasakan di 14 negara di seluruh Asia dan Afrika Timur yang dipicu, ”mega diringan” di mana lempeng tektonik India ditekan paksa oleh lempeng Burma. Indonesia adalah kawasan yang terkena dampak terburuk dengan korban mencapai 170 ribu orang dari total 230 ribu jiwa. Dengan banyaknya mayat korban yang tidak ditemukan. Penghitungan jumlah korban memakan waktu sebulan.

10. 27 Februari 2010, Cile, yang berkekuatan 8,5 SR

Kawasan di sekitar Conception dicatat sebagai pusat getaran seismic sejak abad ke-16, tapi hanya sedikit yang menghancurkan seperti gempa yang menyebabkan tsunami dan menewaskan 521 orang pada tahun lalu itu. Dengan 12 ribu orang luka-luka dan lebih dari 800 ribu kehilangan tempat tinggal, Cile berusaha pulih dari bencana itu. (Diolah dari berbagai sumber)(rhs)

0 comments:

Post a Comment