Monday, March 14, 2011

Ketua Harian Setgab Harus All Out Urus Koalisi


JAKARTA - Beredar kabar, posisi Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie sebagai ketua harian Sekretarat Gabungan (Setgab) Parpol Koalisi pendukung pemerintah tengah diujung tanduk. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Saan Mustopa, mengaku tak kaget dengan kabar itu.

Menurutnya, kalaupun benar Ical bakal dicopot oleh SBY maka sebenarnya bukan hal yang luar biasa. "Saya pikir, hal yang biasa saja kalau Ical diganti demi perbaikan dan efektivitas koalisi. Ya, gak apa-apa," tegas Saan Mustopa di gedung DPR RI, Senin (14/3), saat dikonfirmasi tentang kabar pergantian Ketua Harian Setgab Koalisi.

Saan bahkan memaklumi kesibukan Ical sebagai Ketua Umum Golkar sehingga waktunya amat terbatas, termasuk untuk berkomunikasi dan mengevaluasi koalisi. Tapi bagi Demokrat, siapapun ketua harian Setgab sebenarnya tidak menjadi persoalan.

"Siapapun pengganti Ical, yang penting harus punya komitmen tinggi. Tidak bisa sambilan atau setengah-setengah mengurus Setgab. Dia harus punya waktu penuh dan all out mengurus koalisi," harap Saan.

Ditandaskan pula, pergantian Ketua Harian Setgab juga tergantung pada evaluasi keberadaan koalisi oleh Ketua Setgab, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jika akhirnya SBY memutuskan pergantian Ketua Setgab, kata Saan, Demokrat tidak akan keberatan.

"Nanti Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Setgab yang memutuskan. Peluang untuk dia (Ical) diganti sih selalu ada," kata Saan," pungkas Saan.

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar, Idrus Marham mempertanyakan alasan wacana pencopotan Ical dari kursi Ketua Harian Setgab Koalisi. "Kalau Pak Ical dicopot sebagai Ketua Harian Setgab, tentu harus jelas apa alasannya?" kata Idrus.

Menurutnya, seluruh partai peserta koalisi harus menjelaskan alasan dan argumentasinya terlebih dahulu. Jika alasan pencopotannya masuk akal dan objektif, maka Golkar mempersilakannya.

Menanggapi usulan perlunya pembaharuan kontrak di Setgab koalisi partai pendukung SBY, Idrus menilai bahwa justru hal itu yang saat ini tengah diperjuangkan Golkar. "Justru yang diperjuangkan Golkar di forum Setgab adalah aspirasi yang diusung oleh PPP, dengan maksud agar di koalisi itu memiliki kesetaraan antara sesama anggota koalisi. Setgab bukan stempel," pungkas Idrus.

0 comments:

Post a Comment