Monday, March 14, 2011

Alfred Riedl mencoret namanya dari daftar skuad timnas SEA Games (SEAG) 2011


JAKARTA - Pupus sudah harapan winger lincah Oktavianus Maniani untuk kembali mengenakan serangan timnas Merah Putih, setelah Pelatih Alfred Riedl mencoret namanya dari daftar skuad timnas SEA Games (SEAG) 2011.

Menurut Riedl, mantan pilar PSMS Medan asal Papua tersebut seharusnya masih dapat diandalkan sekiranya pemain bisa bersikap profesional dengan menjunjung kedisiplinan saat berada di timnas.

Seperti diketahui, pemain yang akrab disapa Okto dan pernah menjadi andalan di timnas senior ini beberapa kali mangkir dari latihan timnas U-23 saat sesi persiapan jelang tampil di ajang Pra Olimpiade 2012 lalu dengan berbagai alasan. Salah satunya memperkuat klubnya, Sriwijaya FC, berlaga di kompetisi Indonesia Super League (ISL) atau karena sakit.

Saat itu, Riedl mengaku masih bisa mentolerir alasan tersebut dengan harapan “pemain kesayangannya” itu bisa lebih bersikap dewasa lantaran diberi kepercayaan. Namun ternyata sikap indispliner Okto belum berubah.

Lagi-lagi pemain kelahiran Jayapura 27 Oktober 1990 itu kembali berulah dengan meninggalkan pelatnas. Kali ini pun kesabaran Riedl tampak sudah habis sehingga pelatih asal Austria tersebut kontan mengambil sikap tegas.

“Okto is out! Dia sudah terlalu banyak membuat masalah. Minimal satu masalah setiap hari. Talenta memang penting, tetapi bukan itu saja yang diperlukan. Sepakbola adalah permainan tim, bukan individu,” tegas Riedl dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Di bagian lain, Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional, Iman Arif, menerangkan skuad yang dipersiapkan tampil di ajang multi event tingkat Asia Tenggara ini akan dipanggil pada 25 April mendatang untuk melakukan tes medis.

“Skuad ini belum final. Pelatih masih akan memanggil sekitar 5-6 pemain lagi,” terang Iman menambahkan Riedl juga tidak mengajak striker Persipura Titus Bonay dan gelandang David Laly.

Meski begitu, Iman mengatakan target yang diemban cukup berat, yakni merebut medali emas pada SEAG 2011 yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta, November mendatang. Karena itu, jajaran pelatih timnas sangat selektif dalam menentukan pemain yang akan diikutsertakan pada pemusatan latihan nasional.

Sementara itu, mantan bintang timnas senior Indonesia, Irfan Bachdim, mengungkapkan harapannya kembali mendapat kepercayaan dari Riedl mengenakan seragam timnas. Terlebih karena dari segi usia, pemain kelahiran Amsterdam 11 Agustus 1988 ini memang masih memungkinkan memperkuat skuad timnas U-23 proyeksi SEA Games 2011.

Ditanya mengenai penyebab tidak dipanggil akibat Persema Malang bergabung dengan Liga Primer Indonesia (LPI), Irfan hanya mengangkat bahu sekaligus memastikan akan selalu menyambut baik tawaran main di timnas.

0 comments:

Post a Comment