Sunday, March 6, 2011

Piala AFF Malaysia Sebagai Tuan Rumah


Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) telah resmi menunjuk Malaysia dan Thailand untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2012. Turnamen dua tahunan ini sebelumnya digelar di Indonesia dan Vietnam.

Malaysia pada Piala AFF 2010 tahun lalu menjadi juara setelah mengalahkan Indonesia di final. Malaysia sukses menyabet gelar tertinggi untuk kawasan ASEAN itu setelah menang dengan agregat 4-2.

Malaysia pernah menjadi tuan rumah Piala AFF pada 2004 bersama Vietnam. Sedangkan Thailand menjadi tuan rumah bersama Indonesia pada 2008.

Kompetisi ini sebelumnya mendapatkan animo luar biasa dari masyarakat saat digelar di Indonesia. Stadion Utama Gelora Bung Karno yang menjadi venue tahun lalu penuh sesak penonton sejak penyisihan sampai final.

Dari hasil menggelar leg 1 dan 2 semifinal Piala AFF tahun lalu saja, keuntungan dari hasil penjualan tiket ditaksir Rp13 miliar. Rata-rata, pada tiap pertandingan mendapatkan Rp6,5 miliar dari hasil penjualan tiket.

Sedangkan Malaysia saat menggelar final leg 1 juga mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur yang menjadi tempat final pertama dipenuhi suporter Harimau Malaya.

0 comments:

Post a Comment